Masalah user apache di linux

dalam edisi newbie.

Sering kali kalau ingin hosting aplikasi di VPS (contoh, Ubuntu murni apache tanpa cpanel) suka terbentur berbagai kendala. Yang paling sering adalah permission. Anggap saja, pakai VPS langsung user root (rekomendasi adalah bikin akun baru), dan upload source kita di var/www pake user tersebut. Yang terjadi adalah jika aplikasi kita ada kebutuhan untuk manipulasi file atau direktori pasti akan terkena forbidden access. karena atribut file/folder source kita adalah milik root:root sementara yang mengeksekusi script tersebut apache:apache (di ubuntu www-data:www-data) sehingga ya tidak bisa karena buka miliknya.
umumnya orang-orang menyarankan dengan mengubah atribut aplikasi, baik itu chown (kepemilikan) atau chmod (permisi), yang mana bagiku sangat menjengkelkan apalagi kalau dalam mode development, yang mana tiap update, selain upload, harus set permission lagi.

Setelah googling, akhirnya menemukan metode untuk mengubah user yang digunakan apache untuk mengeksekusi file php dari Informasi di serverfault.

Konfigurasi apache bisa ditemukan di /etc/apache2/apache2.conf di dalamnya akan ditemukan file di bawah,

User ${APACHE_RUN_USER}
Group ${APACHE_RUN_GROUP}

variabel yang digunakan ternyata disimpan di /etc/apache2/envvars

export APACHE_RUN_USER=www-data
export APACHE_RUN_GROUP=www-data

Jadi untuk keperluan development diatas, user dan grupnya diganti dengan user yang kita pakai (saat upload file), dalam postingan ini berarti root:root.

Tapi tetap saja aku masih penasaran dengan cpanel yang bisa membuat multi user apache, yang tiap user cpanel, atribut dan aksesnya sesuai dengan user cpanel tersebut. ada di sini dan sini, tapi belum diujicoba

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *