in Undefined

To Level Up 2018

Bisa dibilang sudah telat banget. tahun 2018 udah kelewat setengah. Mendadak kepikiran untuk level up, karena hingga sekarang, skill dalam programming saya masih stuck di PHP, yang berkembang mungkin analisa dan design pattern kodingan alias semua itu berkembang ya karena pengalaman, alias tidak ada hal baru yang kupelajari. Dasar pemalas memang.

Oleh karena itu paling enggak sisa tahun ini aku harus bisa mempelajari atau mengertiĀ  dasar beberapa hal ini:

  1. React Native
    Sebenarnya udah lama pengen belajar ini, khususnya biar bisa bikin apps mobile. Saat ini aku sedang ambil kursus gratis dari HavardX CS50M di edX.
  2. Golang
    Bahasa bikinan google, entah kenapa banyak aplikasi menarik dibuat dengan backend ini. Saat ini masih belum nemu tutorial atau kursusnya. Mungkin bakal paralel sama React.
  3. Functional Programming, entah Clojure atau Erlang, paling enggak salah satunya harus dipelajari. Ada teman di fesbuk yang seneng banget dengan Clojure, tapi setelah baca blognya masih gak paham karena menurutku terlalu njelimet gitu. Lalu kapan hari baca salah satu post di Gojekengineering, yang sedang refaktor dari Golang, tampak betapa “sederhana”-nya Clojure ini.

Beberapa bahasa pemrograman di atas, aku dapat dari rekomendasi di medium ini. Semoga di akhir tahun paling enggak bisa menguasai salah satu dari list di atas.

Write a Comment

Comment